Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Tips Berhasil Membuat Bolu

bolu bantat


Tips Berhasil Membuat Bolu - Setelah hasil jadi dalam membuat bolu, dengan rasa dan bentuk yang gagal hati menjadi kesal dan kecewa. Kita termenung apa ada yang salah dalam mencampur bahan yang dibutuhkan ? sebenarnya ada cara yang lebih mudah dalam membuat hasil menjadi lebih baik semoga tullisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Tehnik dasar yang perlu dipelajari dalam membuat bolu agar terhindar dari kegagalan bisa dilihat paparan dibawah ini.

  • Dalam menuangkan adonan, Apabila dalam resep membutuhkan cairan seperti, susu cair dan santan, atau lemak caik. Caranya dalam menuangkan adonan jangan dimasukan sekaligus lebih baik, dituangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan menggunakan alat aduk atau spatula.  
  • Dalam memanggang adonan, Persiapkan alat pemanggang atau oven dengan dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih 5 sampai 10 menit supaya dalam proses pengembangan menjadi sempurna sebelum memasukan adonan bolu. Ikuti petunjuk resep yang diberikan, pergunakan suhu sesuai jenis bolu yang akan dibuat.Jangan membuka pintu pemanggang atau oven sebelum kue mengembang sempurna.
  • Dalam pengadukan adonan, Campuran kocokan telur dengan bahan tepung terigu, lebih baik tepung terigu dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Pengadukan dengan spatula, mulai dari atas permukaan sampai dasar dari tempat adonan atau baskom, sehingga tidak ada cairan tepung terigu yang tidak tercampur dengan rata lihat di sekeliling baskom. Pengadukan adonan jangan terlalu keras sebab adonan akan mengempis.
  • Dalam pengocokan adonan, Disaat pertama mengocok telur, pergunakan kecepatan rendah agar telur dapat menyatu dengan bahan lainnya dalam adonan, seperti gula atau emulsifer. Kemudian naikkan kecepatan dalam mengembangkan adonan dari nol ke satu semisalnya. Setelah terlihat mengembang, dalam mengokohkan adonan gunakan kecepatan maksimal.
  • Dalam menghias bolu, Pastikan bolu dalam kondisi sudah dingin sehingga agar butter cream atau ganache tidak lumer. 


Tag : Tips & Trik
0 Komentar untuk "Tips Berhasil Membuat Bolu"

Back To Top