Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Kue Garpu Gurih setra Ngepros

Cara membuat Kue Garpu Gurih serta Ngepros, Kue ini merupakan makanan favorite saya juga loh. Sewaktu kecil suka ikut dalam proses pembuatan bersama ibu dirumah, karena ga mau tinggal makan doang jadi harus bantu juga biar tahu gimana suka dan duka untuk menyiapkan makanan ini.

Didaerah saya kue ini biasa disebut kue garpu karena cetakan menggunakan garpu dengan sedikit penggulungan jadi deh. Kalo ukuran bisa disesuaikan kadang tebal atau tipis, kalo boleh saran cetakan pada garpu jangan terlalu tebal agar supaya menghasilkan kue yang renyah. 

Biasanya kue garpu dibuat pada saat hari lebaran tiba, bagaimana didaerah anda ? apa ada kue seperti ini. Pasti sebutannya berbeda-beda bukan. Kalo enak makan kue garpu biasanya ditemani dengan minum teh manis hangat, apalagi bila dimakan pagi hari pas waktu mau berangkat Shalat Idul Fitri, Jadi tambah semangat walaupun kondisi lapangan baru turun hujun semalam.

Cara pembuatan Kue Garpu :

  1. Siapkan baskom untuk menampung bahan adonan, masukkan bahan. Tepung kanji, tepung terigu, garam, penyedap rasa, baking powder serta daun seledri. Diaduk hingga merata sehingga bahan tercampur menjadi satu.
  2. Kemudian tambahkan margarine cair dan aduk kembali.
  3. Lalu masukkan telur yang sudah dikocok, aduk kembali.
  4. Setelah adonan tercampur rata, siapkan alat pencetak dari garpu. Gunakan punggung garpu, ambil adonan secukupnya kemudian ditekan-tekan lalu digulung dari bawah sampai ujung garpu.
  5. Lakukan sampai adonan tidak tersisa.
  6. Siapkan pengorengan beserta minyak goreng, gunakan api sedang. Goreng semua adonan dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan, setelah matang angkat lalu tiriskan.
  7. Kue garpu siap untuk dicip icip, selamat mencoba ya...


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung kanji 30 gram.
  • Margarine 30 gram ( dicairkan ).
  • Tepung terigu 300 gram.
  • Garam secukupnya.
  • Baking powder seperempat sdt.
  • Telur 1 butir ( dikocok hingga berbuih ).
  • Daun seledri 1 batang ( diiris halus ).
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Minyak goreng.


Bagaimana menurut anda cara membuat kue garpu gurih sewaktu kecil saya ? pasti enak bukan. Butuh kesabaran dalam proses pembuatannya, terutama saat penggulungan dipunggung garpu. Untuk sekedar info, anda bisa mencoba menu yang lainnya sehingga kita bisa berbagi ilmu untuk meciptakan makanan lezat dan sehat.
Kue bolu coklat, kue bolu pandan atau puding bisa dijadikan alternatif pilihan anda. Kue garpu ini bisa dijadikan aneka rasa, bisa ditambah keju bila doyan akan makanan terbuat dari keju, Ditambah gula bila senang dengan kue yang berasa manis, atau pun yang lainnya. silahkan kunjungi menu citra rasa yang lainnya ya. selamat berkreasi dan mencoba hal baru ok. 
0 Komentar untuk "Cara membuat Kue Garpu Gurih setra Ngepros"

Back To Top