Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Kolontong Manis Makanan Khas Sunda

Kolontong
Kolontong Khas Sunda - Bila rekan berdarmawisata ke wilyah Bandung, Cianjur, Sukabumi ataupun Banten pasti dapat menemukan makanan khas dari orang Sunda Jawa Barat ini deh. Tetapi untuk saat ini bila rekan berkunjung ke daerah Jawa Barat khususnya, pasti bisa menemukan makanan ringan ini. Karena selain buat snack, makanan ini bisa dijadikan oleh-oleh bila kita sedang berpergian di daerah Jabar.

Kolontong ini mempunyai rasa yang manis dan renyah bila kita memakannya. Bagi orang Bandung pasti tidak akan aneh untuk menyantap makanan khas ini, yang cukup digemari karena tidak kalah nikmatnya dengan makanan yang lainnya. Warnanya yang kecoklatan dengan bentuk umum bulat memanjang ini, cukup untuk membuat perut menjadi tidak berbunyi. Karena kandungan gula cukup untuk menambah energi kita menjadi fit dan berstamina kembali.

Kolontong bisa juga dicicipi dengan minuman yang biasa kita minum seperti minum teh pait misalnya. Karena saya pun pernah merasakannya, begitu nikmat bila disantap bertemankan teh pait. Tapi ada juga sebagai teman untuk minum kopi. Mengenai hal itu tinggal rekan pilih deh untuk mencicipi makanan ringan yang satu ini. Pada umumnya untuk masyarakat Sunda, makanan ringan ini bisa ditemukan dalam acara khusus seperti ada hajatan, mendekati bulan lebaran seperti sekarang ini ataupun dalam acara lainnya yang ada di wilayah tatar Sunda ini. Makanan ringan Kolontong ini bukan hanya untuk masyarakat Bandung saja, tapi bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat yang ingin mencobanya tak terkecuali turis mancanegara. Karena kalo dibilang harganyapun relatif terjangkau bila kita membelinya sebagai oleh-oleh bila dijual di warung atau toko oleh-oleh khas Sunda.

Proses pembuatan Kolontong Manis Khas Sunda :

  1. Beras ketan yang sudah ada dicuci bersih, selanjutnya di rendam kurang lebih dalam waktu 2 malam.
  2. Lalu dimasak proses selanjutnya dilakukan penumbukkan biar menjadi halus.
  3. Setelah itu barulah di campurkan dengan gula pasir serta gula aren aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Lalu digiling dan dibentuk/dicetak menggunakan mesin atau alat sederhana.
  5. Bahan adonan yang telah dicetak setengah jadi itu kemudian dijemur pada sinar matahari dalam waktu satu hari dalam kondisi cerah.
  6. Setelah kering bahan tersebut digunting menjadi bentuk persegi panjang, kemudian disangrai menggunakan pasir hingga mengembang.
  7. Kolontong yang telah mengembang tersebut lalu disisihkan, kemudian dilumuri oleh gula aren cair. Setelah itu dijemur kembali hingga benar-benar kering gula aren cairnya.
  8. Kolontong Khas Sunda siap untuk dicip icip oleh warga diluar bandung dan tatar Sunda ini.


Bahan-bahan  yang dibutuhkan :

  • Gula Pasir.
  • Gula aren.
  • Beras Ketan.


Sepertinya pembutan makanan Kolontong Khas Sunda ini cukup sederhana bukan dalam pembuatannya, Silahkan dicoba resep yang diwariskan oleh para leluhur kita ini. Tidak menutup kemungkinan rekan semua dapat menikmati resep lainnya di sini. Salam penulis... Hari libur hari untuk berkumpul bersama keluarga dengan mencicipi Kolontong orang Bandung wiiieh Uenak Tenan.
0 Komentar untuk "Kolontong Manis Makanan Khas Sunda"

Back To Top