Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Semur Jengkol Enak Tidak Bau


Semur Jengkol
Semur Jengkol Enak Tidak Bau - Jengkol kadang kala makanan yang dipandang sebelah mata, tapi untuk saat ini tidak lagi. Karena direstauran kadang kala ada juga yang menyediakannya dalam menu khusus. Tapi kadang jengkol dianggap makanan yang berbau kurang sedap tapi bila kita memasak dengan baik biasanya kita terhindar dari hal itu. contohnya bila telah makan jengkol ada yang menyarankan untuk makan daun jambu biji atau mentimun untuk menghilangkan baunya. Tapi boleh dicoba bila masih penasaran apalagi yang belum merasakannya.

Tapi yang saya ketahui jengkol mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Memang mengandung zat besi tapi bila memakannya kita harus sadar diri jangan terlalu banyak kata orang sunda bilang bising jejengkoleun. Untuk lebih baiknya silahkan baca artikel dibawah ini.

Proses pembuatan Semur Jengkol Enak Tidak Bau :
  1. Siapkan panci untuk merebus masukkan air secukupnya, Masukkan jengkol lalu masukkan daun jeruk kemudian rebus hingga matang. Biar hilang bau dari jengkol proses perebusan bisa dilakukan 3 kali bila dibutuhkan. Kemudian jengkol ditiriskan.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang ada seperti bawang putih, bawang merah, serta kemiri. Setelah itu siapkan wajan untuk menumisnya beri minyak goreng secukupnya.
  3. Masukkan jengkol yang telah ditiriskan, kemudian aduk sesaat. 
  4. Masukkan cengkeh, pala, kayu manis lalu tambahkan air secukupnya.
  5. Masukkan garam, gula jawa, dan lada. kemudian icip rasa bumbu sesuai selera. Diamkan beberapa menit sehingga bumbu meresap dan menyatu dengan jengkol.
  6. Bila sudah masak angkat kemudian simpan dipiring yang telah disediakan. 


Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Jengkol 500 gr.


Bumbu-bumbu yang dibutuhkan :
  • 5 siung Bawang Putih.
  • 3 siung Bawang Merah.
  • 6 buah Kemiri.
  • 5 biji Cengkeh.
  • 1 buah Pala. 
  • Lada atau Merica, kayu manis secukupnya. 
  • Gula Jawa, garam, kecap manis secukupnya.


Tak terasa sajian resep Semur Jengkol Enak Tidak Bau sudah selesai dibahas, semoga banyak guna dan manfaatnya bagi rekan semua. Tak lupa bila masih banyak waktu luang bisa melihat masakan lainnya disini, seperti Perkedel Jagung, Sambel Goreng Kerupuk Kulit . Salam penulis Cinta Damai.
Tag : Tips Masakan
0 Komentar untuk "Semur Jengkol Enak Tidak Bau"

Back To Top