Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Nasi Kuning Lezat

Nasi kuning kerucut
Nasi Kuning Lezat - biasanya disajikan dalam moment khusus seperti yang berlang kemarin pada tanggal 25 Maret yang merupakan ulang tahun perusahaan yang telah berdiri hingga 30 tahun. Nasi kuning yang dibuat berbentuk kerucut dengan cetakan dari pengukusan yang ada. Nasi kuning dilengkapi dengan lauk pauk seperti Tempe kering, kentang, telur, daging ayam serta masih banyak lauk pauk serta sayuran lainnya. Hiasan dari nasi kuning tersebut menjadi kenikmatan tersendiri untuk dicicipi dengan nasi kuning gurih dan lezat menjadi komplit deh untuk disantap.

Silahkan rekan ikuti paparan dari penjelasan dalam pembuatan Nasi Kuning Lezat yang dapat menjadi tambahan kuliner dirumah atau dimanapun rekan berada, seperti yang tertera dibawah ini.

Proses Pembuatan Nasi Kuning Lezat :

  1. Beras dicuci dengan air bersih, kemudian dikukus hingga matang ( membutuhkan waktu 25 menit pengukusan ).
  2. Kunyit diparut, setelah selesai diparut lalu tambahkan air secukupnya untuk diambil sarinya.
  3. Setelah sari kunyit didapat campurkan dengan santan kelapa, serai, daun jeruk purut, daun salam serta garam secukupnya, kemudian masak hingga mendidih.
  4. Beras yang setengah matang, campurkan dengan santan kelapa yang telah satukan dengan bumbu, lalu aduk diatasnya hingga bumbu meresap. 
  5. Setelah meresap bumbu dengan nasi, kemudian angkat serta tuangkan air jeruk nipis. Lalu kukus kembali dalam dandang hingga matang ( membutuhkan waktu 60 menit ).
  6. Setelah matang angkat kemudian sajikan dengan lauk pauk yang telah disiapkan. Nasi KUning Lezat siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1.5 kg beras.
  • 2.4 liter santan kelapa.
  • 4 helai daun jeruk purut.
  • 1.5 sdk mkn kunyit, diparut.


Bumbu-bumbu yang dibutuhkan :

  • serai secukupnya.
  • Garam Secukupnya.
  • 2 sdk teh air jeruk nipis.
  • 4 helai daun salam.


Lezat benar bukan, bila Nasi Kuning dimix dengan lauk pauk lainnya, menjadi paduan yang sulit untuk diungkapkan. Demikian sedikit penjelasan di atas semoga rekan menjadi tambah pengetahuan akan kuliner yang ada. Bila masih mempunyai waktu luang silahkan lihat menu lainnya. Salam Penulis ..... semoga kita semakin sayang kepada keluarga dengan rasa citra masakan yang menjadikan hubungan keakraban diantara kita semua.

Tag : Tips Masakan
0 Komentar untuk "Nasi Kuning Lezat"

Back To Top