Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Es Dawet Suji

Es Dawet sebagai hidangan pencuci mulut ataupun makanan selingan, paling nikmat di sajikan pada siang hari. Bisa juga sebagai pelengkap makan bakso biar tambah kenyang dan makyus. Es dawet yang biasa orang jawa tengah bilang atau es cendol orang sunda bilang merupakan minuman khas Indonesia. Dengan di beri tambahan pemanis dari gula merah dan potongan kecil buah nangka menjadi pelengkap kenikmatan tersendiri disaat meminumnya. Selamat dicip icip.



Cara pembuatannya :

  1. Daun pandan dan daun suji ditumbuk halus lalu peras airnya sebanyak 50 cc. Campurkan dengan air kapur sirih dan 150 cc air.
  2. Aduk sampai rata dan cairan tersebut untuk melarutkan tepung beras. Didihkan sisa airnya yang 350 cc tambahkan sedikit garam, masukkan larutan tepung sedikit demi sedikit kedalamnya sambil diaduk terus hingga kental dan matang lalu angkat.
  3. Saring dengan saringan cendol dalam keadaan panas dan tekan keras-keras supaya tercetak. Tampung dalam tempat yang diisi dengan air matang.
Cara menyajikannya :

  • Rebuslah santan dan bubuhi dengan sedikit garam, campurkan kinca, cendol dan santan masak. Tambahkan es pasrah serta buah nangka yang dipoton-potong.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. 22 lembar daun suji.
  2. 2 lembar daun pandan.
  3. 2 sendok makan kapur sirih.
  4. 200 gram tepung beras ( baru ditumbuk ).
  5. 1 butir kelapa ( diambil santannya ).
  6. Buah nangka dipotong kecil-kecil.
  7. Kinca dan garam secukupnya.
  8. Es pasrah/serut.
  9. 500 cc air.

0 Komentar untuk "Cara membuat Es Dawet Suji"

Back To Top