Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Bajigur Minuman Khas Sunda


Bajigur
Bajigur Minuman Khas Sunda - Minuman tradisional yang asli dari masyarakat jawa barat, Berbahan dasar dan penting dari gula aren serta santan kelapa. Biar tambah nikmat bila diminum ditambahkan dengan garam, bubuk vanili dan jahe.

Minuman yang biasa di hidangkan bersama minuman lain seperti bandrek, ubi rebus, kacang rebus, pisang rebus, klepon dan masih ada makanan lainnya yang masuk dalam satu gerobak yang didorong. Dalam penyajiannya ada yang ditambahkan dengan kolang kaling atau dalam bahasa sunda cangkaleng tea yang dipotong kecil. Minuman ini paling cocok bila di minum dalam keadaan hawa dingin atau pada musim hujan, karena rasanya akan semakin ... uih uenak tenan.

Dalam perkembangan tahun demi tahun, bajigur dikemas dalam bentuk yang praktis dan mudah untuk didapat terutama untuk dikonsumsi di luar Jawa Barat. Bentuk instan berupa bubuk yang hanya tinggal diseduh dengan tambahan air putih hangat. Maksud dan tujuan agar lebih bisa dinikmati oleh semua orang tidak perlu dalam pengolahan seperti cara pembuatan bajigur yang tradisional. Karena sekarang merupakan zaman modern bukan.

Proses pembuatan Bajigur :

  1. Langkah awal, rebus santan didalam panci.
  2. Lalu masukkan Gula merah, kopi bubuk, daun pandan, kayu manis dan jahe.
  3. Setelah itu diaduk diatas nyala api kompor dalam panas sedang sampai mendidih.
  4. Bila telah masak angkat kemudian saring biar tidak tercampur daun pandan, jahe yang dimemarkan masuk kedalam tempat yang telah disiapkan.
  5. Minuman Bajigur siap untuk dicip icip. Selamat menikmati...


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 11/2 butir kelapa menjadi 2.500 ml Santan kelapa.
  • 4 sdk teh kopi bubuk.


Bumbu-bumbu yang diperlukan :

  • 75 gr jahe, dibakar terlebih dahulu, dikupas kulit luar, dimemarkan.
  • 4 cm kayu manis.
  • 6 lbr daun pandan, lalu dibuatkan simpul biar terendam baik.
  • 375 gr gula merah, disisir halus.

Gerobak Mang Bajigur

Tak terasa penjelasan mengenai Bajigur Minuman Khas Sunda telah tertulis seperti diatas. SIlahkan rekan cicipi menu lainnya disini, Salam penulis .... semoga kuliner Indonesia dikenal di jagat raya ini...

0 Komentar untuk "Bajigur Minuman Khas Sunda"

Back To Top