Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Pepes Ikan Mas Empuk Sampai Tulangnya

Pepes Ikan Mas
Pepes Ikan Mas - Bagaimana rekan semua pasti enak makan dengan pepes ikan mas yang empuk hingga ke tulangnya bukan. Bahan dasar ikan mas mudah didapat bisa juga dibeli diwarung terdekat dengan rumah anda sekalian. Dagingnya yang cukup tebal memberikan kepuasan tersendiri bila menyantapnya. Ikan mas merupakan ikan yang banyak dijumpai dikolam-kolam terutama kolam pemancingan. BIla ikan mas diolah hanya dengan proses digoreng rasanya kurang ada gimana gitu, maka dari itu kita sedikit berusaha untuk mendapat citra rasa yang berbeda. Pepes Ikan Mas merupakan resep yang paling banyak disukai oleh orang yang ingin selalu mencicipi rasa baru terutama pemburu kuliner.

Pepes Ikan Mas paling cocok bila dipadukan saat menyantapnya dengan nasi hangat yang pulen. Resep seperti ini bisa rekan coba dirumah atau ditempat lain bila sedang tidak ada dirumah. Walaupun resep seperti ini banyak disediakan direstoran-restoran, tapi tidak ada salahnya bila rekan membuatnya untuk keluarga tercinta. Silahkan anda simak paparan tentang Pepes Ikan Mas seperti yang tertuang dibawah ini.

Proses pembuatan Pepes Ikan Mas :

  1. Ikan mas dibersihkan terlebih dahulu buang sisik yang masih ada, serta ingsangnya. Lalu keringkan hingga lendirnya hilang. Kemudian lumuri dengan asam dan garam secukupnya dan biarkan beberapa saat.
  2. Bawang merah, jahe, daun bawang diiris-iris halus, tomat dibelah menjadi empat bagian, campurkan dengan garam secukupnya.
  3. Kemudian Ikan Mas dilumuri dengan bumbu yang telah diiris, tambahkan daun salam dan serai. Lalu dibungkus dengan daun pisang ( bisa ditambahkan dengan irisan cabe merah atau diberi cabe rawit merah untuk rasa pedas saat dimakan nanti ).
  4. Kemudian dikukus Ikan Mas yang telah dibungkus daun pisang hingga duri menjadi lunak. Pabila terasa cukup masukkan dalam oven agar daging Ikan Mas menjadi kesat.
  5. Bila sudah Sajian Pepes Ikan Mas siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 11/2 kg ikan mas.
  • 2 buah tomat.


Bumbu-bumbu yang diperlukan ;

  • 5 lembar daun salam.
  • 2 batang serai.
  • 2 ons bawang merah, diiris.
  • 1 ruas jari jahe muda, diiris.
  • 1/4 kg daun bawang, diiris.
  • Garam serta daun pisang secukupnya.
  • asam secukupnya.


Demikian resep Pepes Ikan Mas yang menggoda untuk dinikmati bersama keluarga tercinta dan handai tolan. Bila ingin menambah sajian lainnya bisa rekan simak coretan penulis yang ada disini. Salam Penulis .... walau ngantuk tetap harus berjuang.
0 Komentar untuk "Pepes Ikan Mas Empuk Sampai Tulangnya"

Back To Top