Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Minuman Bandrek Khas Priangan

Bandrek
Minuman Bandrek -  merupakan minuman penghangat tubuh, warnanya seperti kopi susu yang juga minuman tradisional Jawa Barat diantaranya. Minuman Bandrek paling cocok dan nikmat bila dikonsumsi pada malam hari atau saat turun hujan uih rasanya sangat hangat mengalir ditenggorokan cuy. Biasanya bila waktu menunjukkan pukul tujuh malam yang berjualan menggunakan gerobak suka lewat didepan rumah deh.

Bahan dasar minuman bandrek ini yang paling utama yaitu jahe dan gula merah, untuk memperkuat efek hangat biasanya ditambah dengan rempah-rempah untuk beberapa daerah tertentu. Diantara bahan tersebut yang seperti merica, pandan, serai dan masih banyak lainnya tergantung selera didaerah masing-masing. Bisa juga ditambah susu bila yang menyenangi paduan yang berbeda rasa ini untuk penyajiannya. Terutama di kalangan masyarakat Indonesia minuman bandrek ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit yang ringan seperti batuk, sakit ditenggorokan dan lain-lain.

Saya pun pernah merakan efek dari minum bandrek yang biasa dijajakan lewat depan rumah ketika perut terasa masuk angin atau kembung dengan meminum bandrek ini perut terasa hangat dan untuk beberapa saat perut terasa enak dan nyaman, terasa berbeda sebelum mengkonsumsi minum bandrek. Silahkan rekan coba sendiri bila berkunjung ke daerah priangan bila dimalam hari tiba, coba rasakan kehangatannya. Untuk penambahan minuman bandrek ini biasanya di daerah bandung ada penjual yang menambahkan dengan sedikit kerukan kelapa yang dapat memberikan citra rasa yang beda tentunya. Minuman Bandrek ini biasanya diperjual belikan seperti Minuman Bajigur yang dilengkapi dengan ubi rebus, kacang rebus, ada keripik atau emping, pisang rebus coba rekan nimkati sendiri deh

Proses pembuatan Minuman Bandrek :

  1. Siapkan panci untuk merebus air yang telah disiapkan.
  2. Lalu masukkan gula merah yang telah disisir halus, jahe yang dimemarkan, serai, dan bumbu pelengkap lainnya kecuali kerukan daging kelapa muda.
  3. Setelah bumbu masuk semua, masak hingga mendidih dan tercium harum mewangi.
  4. Setelah masak, saring airnya supaya tidak tercampur dengan bahan yang tidak larut saat direbus.
  5. Minuman Bandrek siap untuk dicip icip, tuangkan kedalam gelas / mug khusus biar tampilan lebih menarik. Baru kerukan kelapa muda masukkan diatasnya, biar tambah enak rasanya.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 250 gr gula merah, disisir halus.
  • 1 ruas jahe, dibakar lalu dimemarkan.
  • 1 litter air matang.


Bumbu-bumbu yang diperlukan :

  • 5 cm kayu manis.
  • 1 batang serai, dimemarkan.
  • 5 butir cengkeh.
  • 2 lbr daun pandan, secukupnya lalu dibuat ikatan simpul (panjangnya kurang lebih 20 cm).
  • 1/2 sdt garam halus.
  • Kerukan daging kelapa muda. 
Gerobak Bandrek
Beres sudah Minuman Bandrek khas Priangan ini. Siapkan perlengkapan yang ada sehingga rekan bisa membuatnya dirumah atau ditempat yang paling tepat untuk membuatnya. Salam Penulis .... semoga disore ini menjadi hari yang paling penuh berkah.


0 Komentar untuk "Minuman Bandrek Khas Priangan"

Back To Top