Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Crepe Isi Jambu Biji sederhana

Cara membuat Crepe Isi Jambu Biji - Crepe adalah panekuk tipis dibuat dari gandum, makanan yang digemari di seluruh Eropa dan tempat lainnya. Bahan utamanya adalah terigu, susu, telur, garam, dan mentega. Ada dua jenis crepe, yaitu crepe manis terbuat dari tepung gandum dan crepe asin yang terbuat dari tepung buckwheat.

Asal crepe dari daerah Bretagne, sebuah wilayah di Perancis bagian barat, crepe disebut sebagai kramphouezh. Untuk saat ini crepe sudah meluas di seluruh Perancis. Sedangkan Buckwheat berasal dari Tiongkok, dan setelah menyebar ke Eropa Timur berkembang menjadi makanan sejenis disebut blintz. Di Bretagne, crepes biasanya disajikan secara tradisional dengan saus apel. 

Crepe dapat digulung atau dilipat, atau di kombinasi seperti dengan isian jambu. Di beberapa daerah di Indonesia, Jambu biji dikenal dengan nama siki atau jambu klutuk. Buah jambu biji memiliki rasa manis yang sebagian pula ada yang berasa asam. Daging buah ada yang berwarna merah muda dan juga yang berwarna putih. 

Jambu biji sangat kaya dengan Vitamin C lebih tinggi dari buah jeruk. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Manfaat dan Khasiat Buah Jambu Biji bagi Kesehatan :

  • Menyembuhkan Infeksi - Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.
  • Mencegah Kanker - Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.
  • Mengatasi Penyakit Jantung Koroner - Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.
  • Mengatasi Diabetes - Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.
  • Antiradang dan Antivirus - Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus. Khasiat Lainnya - Menurut penelitian, daun jambu klutuk dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus lalu diberikan pada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.

Cara pembuatan Crepe Isi Jambu Biji :
  1. Siapkan baskom atau tempat yang ada, lalu jambu biji dicuci bersih.
  2. Potong jambu biji bentuk juring dengan ketebalan 1 cm, lalu sisihkan pada tempat yang ada.
  3. Panaskan 1 sendok makan mentega tawar, masak jambu biji, garam, gula palem, air jeruk, serta kulit jeruk navel hingga mengental. Kemudian angkat serta sisihkan pada tempat yang ada.
  4. Panaskan kembali wajan diatas perapian. Tuang 1 sendok sayur adonan crepe. Angkat sedikit lalu goyangkan wajan hingga adonan tersebar merata di wajan. Masak hingga crepe matang di kedua sisinya. lalu Angkat. 
  5. Ulangi proses yang sama seperti diatas hingga adonan tidak tersisa.
  6. Lipat tiap lembaran crepe menjadi 1/4 lingkaran. Tata pada tempat piring saji. Kemudian tata jambu biji di atasnya. Lalu Siram dengan saus secukupnya.
  7. Crepe Isi Jambu Biji siap untuk dicip icip, Selamat menikmati.

Bahan - bahan yang dibutuhkan :
  • 3 buah jambu biji mengkal ( 200 gram ).
  • 50 gram gula palem.
  • 1 sendok teh kulit jeruk navel parut
  • 2 sendok makan mentega tawar.
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 70 ml air jeruk peras.

Untuk Saus Crepe, diaduk rata:
  • 1 butir telur ayam.
  • 20 ml susu cair.
  • 2 sendok makan mentega tawar cair.
  • 1/4 sendok teh garam.
  • 75 gram tepung terigu.
  • 2 sendok makan gula pasir.
Demikian Cara pembuatan Crepe Isi Jambu Biji yang bisa dipraktekan dimana saja, bila masih banyak waktu jangan sungkan untuk mengunjungi menu yang lainnya, seperti puding, sambel, es cream. Semoga ada guna dan banyak manfaatnya.
0 Komentar untuk "Cara membuat Crepe Isi Jambu Biji sederhana"

Back To Top