Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Colenak Tape Bakar Singkong Bandung

Colenak Tape
Colenak Tape Bakar Singkong - Kuliner makanan dari bandung ini berbahan dasar peuyeum (tapai singkong) yang prosesnya dibakar disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Kurang lebih pada tahun 1930 warga bandung yang memperkenalkan makanan ini bernama Aki Murdi. Makanan ini merupakan singkatan dari orang sunda yang bisa dengan mudah untuk diingat colenak berasal dari kepanjangan dicocol enak. Tekhnik memasaknya tidak terlalu sulit, kandungan gula yang terkandung didalam tapai membuat tapai bila di masak menjadi mudah gosong, namun demikian inilah kekhasan dari makanan colenak ini. Menurut pendapat dari beberapa orang mengatakan bahwa colenak ini bila dimasak gosong itulah yang merupakan bagian paling enak untuk dikunyah dan dirasakan dimulut kita.

Colenak ini merupakan makanan yang khas dari Bandung. Selama dirintis oleh Aki Murdi dari tahun 1930 yang telah diwariskan pada beberapa generasi penerusnya sehingga mengalami perkembangan yang cukup baik. Orang tidak mengenal colenak dengan rasa yang itu-itu lagi, dengan variasi yang diberikan seperti penambahan rasa dari rasa nangka dan durian memberikan colenak lebih dapat diterima oleh pencinta kuliner yang ingin mencicipi lebih. Bila rekan ingin menyantap makanan khas ini bisa berkunjung ke Bandung di area Colenak Murdi Putra di Jalan Ahmad Yani.

Tak lupa colenak ini diabadikan lewat tembang yang dilantunkan ditatar Sunda. Kawih degung Sunda yang dinyanyikan oleh anak-anak sewaktu bermain, sedikit lirik yang biasa terdengar dalam bait kawih Colenak beuleum peuyeum digulaan.

Proses pembuatan Colenak Tapai Bakar Singkong :

  1. Tapai Singkong yang telah jadi lalu dipipihkan.
  2. Siapkan wajan datar untuk memanggang tapai singkong, tak lupa diolesi oleh margarine secukupnya. Masak tapai singkong hingga berwarna kecoklatan jangan sampai gosong buanget nanti tercampur rasa pahit loh. Bolak balik tapai singkong saat di panggang. Bila sudang matang angkat lalu disisihkan.
  3. Siapkan piring untuk penyajiannya. Ambil tapai singkong yang telah dipanggang tata diatas piring. Sajikan dengan pelengkap lain seperti buah cerry misalnya.
  4. Siram diatas tapai singkong dengan saus gula kelapa yang telah dibuat.
  5. Nah sekarang Colenak Tapai Bakar Singkong siap untuk dicip icip. Selamat menikmati makanan khas Bandung ini yah.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram tapai singkong.
  • 2 sdm makan margarine.


Bumbu yang diperlukan untuk saus :

  • 350 ml santan kelapa kental.
  • 1/2 daging kelapa yang belum terlalu tua, dikeruk/diparut.
  • 1/4 garam halus.
  • 200 gram gula beureum/merah, diiris,
  • 2 lbr daun pandan, dicuci bersih dari kotoran yang menempel.


Membuat Saus untuk disiram diatas Tapai Singkong :

  • Santan, gula merah serta daun pandan direbus terlebih dahulu hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  • Lalu tambahkan garam halus sambil diaduk terus hingga semua menyatu dan mencair.
  • Tuangkan parutan kelapa dalam rebusan diatas aduk hingga mengental.
  • Bila sudah tercampur merata siap untuk dijadikan saus diatas Tapai Singkong.


Waduh ... sepertinya sudah selesai penulisan tentang Colenak Tapai Singkong dari Bandung ini. Bila rekan ingin mencobanya dirumah silahkan nikmati beserta keluarga tercinta sehingga dapat terjalin hubungan cinta kasih kereratan dalam keluarga kita. Tidak menutup kemungkinan untuk sajian para tetamu kita juga. Salam Penulis ...  Semoga hari libur ini menjadikan kita dekat dengan keluarga, sahabat, teman kita lainnya.
0 Komentar untuk "Colenak Tape Bakar Singkong Bandung"

Back To Top