Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Membuat Cireng Khas Bandung Tanpa Isi

Cireng Bandung
Cireng khas Bandung - merupakan makanan ringan yang khas dari daerah Bandung, Jawa Barat yang dibuat dengan berbahan sederhana yang dijadikan adonan kemudian dibentuk sesuai seleran. Adapun bahan utama dalam pembuatannya ialah tepung kanji atau tepung tapioka. Makanan cireng ini sangat terkenal dan banyak peminatnya terutama pada tahun delapan puluahan dan tak luput hingga sekarang. Cireng ini banyak dijual di tempat khusus ataupun penjaja jualan dengan mangkal diarea sekolah atau ditanggung (dipikul oleh pundak) keliling kampung. Bahan makanan ciring ini diantaranya ialah tepung tapioka, daun bawang, daun seledri, bawang putih, merica, santan serta garam. Makan Cireng ini bisa dilengkapi dengan bumbu sambel kacang, saos pedas dan kecap ataupun bumbu lainnya. Sehingga cireng terasa akan lebih enak dan mantap rasanya.

Dengan perubahan zaman dari era delapan puluhan hingga saat ini. Cireng telah mengalami bentuk dan rasa yang bervariasi, dengan diadakannya isian untuk cireng itu sendiri ada yanga mempunyai rasa pedas, rasa keju, daging ayam dan masih banyak isi lainnya. Sekarang makanan cireng ini telah menyebar luas di luar Bandung, dengan rasa dan varian menurut selera daerah cireng itu berada.

Proses pembuatan Cireng :

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan tepung aci serta tepung terigu, tambahkan merica, bumbu penyedap dan garam secukupnya tak lupa menambahkan irisan daun bawang serta daun seledri lalu diaduk merata.
  2. Kemudian tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum, masukkan santan lalu aduk dan masak hingga mendidih. Kemudian angkat dan campurkan kedalam adonan tepung aci dan terigu diaduk merata lalu diuleni dengan tangan hingga kalis. (alangkah lebih baik menguleni dengan tangan menggunakan sarung tangan plastik khusus adonan ).
  3. Setelah adonan kalis, bentuk adonan sesuai selera ada yang berbentuk ketupat, lebih praktis berbentuk bulat lalu dipipihkan. 
  4. Panaskan penggorengan yang telah diisi minyak goreng, masukkan adonan yang telah dibentuk. Api yang digunakan sebaiknya api kecil, lalu goreng cireng hingga matang merata. Setelah matang kemudian angkat lalu tiriskan.
  5. Lebih baik disajikan dalam keadaan panas dan dimakan dalam kondisi hangat dimulut. Cireng Bandung siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1/4 kg tepung aci/tapioka/Kanji.


Bumbu-bumbu yang diperlukan

  1. 1 sdm tepung terigu.
  2. 2 btg daun seledri, diiris tipis.
  3. 2 btg daun bawang, diiris tipis.
  4. 1/2 sdt merica.
  5. 4 siung bawang putih, dihaluskan.
  6. 1 gelas, 200 ml santan.
  7. Garam serta bumbu penyedap secukupnya.
  8. Minyak kelapa untuk menggoreng.

Sajian Makanan Cireng Khas Bandung telah sedikit dibahas seperti yang tertulis diatas. Silahkan rekan coba dan bisa mengkreasikan dalam bentuk lainnya yang dapat menggugah kuliner masakan cemilan jajanan ini. Salam penulis ... pagi hari terasa sunyi sepi sehingga kolbu bisa fokus dengan pikiran kita waktu menunjukkan pukul 04:10 teng.
Penjual Cireng Keliling Kampung
dengan cara dipikul.
0 Komentar untuk "Membuat Cireng Khas Bandung Tanpa Isi"

Back To Top