Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Nasi Timbel Khas Bandung

Nasi Timbel
Nasi Timbel Khas Bandung - Nasi timbel merupakan nasi yang biasanya dibawa buat perbekalan dimana kita berpergian kalo dulu sih seperti itu yang dirasakan. Tapi sekarang sudah berkembang dengan banyaknya masakan khas Sunda dimana-mana, pasti ada menyediakan menu yang satu ini. Nasi timbel atau orang Sunda bilang sangu timbeul, merupakan makanan yang terbuat dari nasi putih atau nasi merah kalo di kampung saya yang dibungkus dengan menggunakan daun pisan. Biasanya nasi yang dibungkus pun rasanya sangat pulen kalo orang Sunda bilang, karena mempunyai rasa yang nikmat bila dimakannya. Cobalah rekan cicipi karena untuk menerangkannya lumayan cukup rumit rasa nasi pulen tersebut.

Nasi Timbel Khas Bandung sangat enak dinikmati ditempat rumah pangung yang sekeliling terdapat panorama alam yang segar dan sejuk, apalagi pandangan terdapat lahan pesawahan. Dengan tiupan angin yang menghembus sambil kita makan, jadi lebih enak disaat kita menyantap hidangan nasi timbel beserta lauk pauknya. Biasanya lauk pauk yang disajikan untuk nasi timbel ada sambel, tahu, tempe bisa juga di tambah dengan daging sapi atau daging ayam seperti yang tertulis di bawah ini. Nasi timbel mungkin para rekan kuliner pasti telah banyak mengetahui dan mengenalnya bukan tak terkecuali masyarakat Nusantara ini ataupun turis mancanegara bila berkunjung ke tatar Sunda. Warga Bandung mungkin tidak asing lagi dengan menu ini, bahan dasarnya pun mudah untuk di siapkan dengan alam Bandung yang subur.

Nasi Timbel Khas Bandung bila rekan sudah mempelajari dan dirasa cukup piawai dalam menghidangkannya, Bisa juga dijadikan alternatif untuk usaha makanan kecil dirumah atau suatu saat menjadi rumah makan atau restoran Makanan Khas Sunda. Dengan pengetahuan tentang makanan khas Sunda ini semoga memberikan inspirasi tersendiri. Selamat mencoba dan rasakan nikmatnya.

Proses pembuatan Nasi Timberl Khas Bandung :

  1. Menghaluskan bumbu yang ada seperti ketumbar, merica, jintan, bawang merah dan garam diulek sampai halus.
  2. Siapkan tempat untuk merendam daging sapi, daging ayam dan air asam jawa, bisa juga menggunakan baskom kecil. Kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan, biar bumbu lebih menyatu atau meresap rendam kurang lebih satu jam.
  3. Siapkan penggorengan, daging sapi dan daging ayam yang telah dibumbui goreng hingga matang. Lalu angkat kemudian tiriskan.
  4. Persiapan untuk nasi timbel, ambil daun pisang yang telah dibersihkan kemudian nasi putih dibentuk bulat atau kotak sambil dipadatkan saat akan membungkusnya. Kukus nasi yang telah dibungkus daun pisang sampai hangat.
  5. Setelah hangat, nasi kukus diangkat dan siap untuk disajikan. Untuk menyajikannya bisa disimpan diatas piring kemudian ditambahakan daging sapi, daging ayam yang telah digoreng. Bisa juga ditambahkan dengan lalapan sayuran, tempe, tahu serta Sambel pedas biar lebih nikmat.
  6. Nasi Timbel Khas Bandung siap untuk dicip icip untuk rekan semua.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 150 gr nasi putih. 
  • Daging Ayam, satu bagian dada dibelah jadi dua.
  • 125 gr daging sapi, direbus lalu digeprek dan digoreng.
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng.
  • 4 sdm air asam jawa.
  • Untuk membungkus gunakan beberapa helai daun pisang yang telah dibersihkan.


Bumbu-bumbu yang diperlukan :

  • 1/4 sdm ketumbar.
  • 1/2 sdm butiran merica.
  • 1/4 sdm jintan.
  • 5 siung bawang merah.
  • 1/2 sdm garam.


Nasi Timbel Khas Bandung telah di bahas diatas, bila rekan kuliner masih membutuhkan resep yang lainnya silahkan baca tulisan yang rekan cari di mari. Salam Penulis .... Tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak cinta. Cintailah masakan dalam negeri sebelum anda beranjak keluar negeri.
0 Komentar untuk "Nasi Timbel Khas Bandung"

Back To Top