Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Peuyeum Bandung Kota Kembang

Peuyeum Bandung
Peuyeum Bandung - Tak kenal maka tak sayang, rasakan dulu oleh-oleh khas Bandung ini baru berkomentar. Tape dalam bahasa Indonesia bila rekan berkunjung ke tatar Pasundan namanya berganti menjadi Peuyeum, ya inilah peuyeum Bandung yang terkenal manis dan lembut di mulut. Peuyeum di Bandung terdapat dua jenis yang dikenal, yang pertama peuyeum yang terbuat dari singkong.

Bila rekan berkunjung ke Bandung pasti terdapat di beberapa tempat yang menjual makanan khas ini sebagai oleh-oleh ataupun ada yang dijual dengan cara di tanggung atau dipikul berkeliling kampung namun hal ini sudah jarang dijumpai. Yang kedua peuyeum yang terbuat dari beras ketan, biasanya paling ramai pembuatan peuyeum ini bila mendekati bulan Ramadhan untuk hari raya Idul Fitri. Peuyeum beras ketan dibuat dengan proses fermentasi.

Menurut sejarahnya tentang peuyeum ini, Bandung dikenal dengan kesuburan tanahnya pada tempo dulu sehingga untuk tanaman singkong bisa tumbuh subur di tatar Pasundan. Cara proses pembuatan peuyeum yang didapat pada proses fermentasi ini di percaya dapat menghangatkan tubuh. Khasiat peuyeum yang diperoleh merupakan hasil dari proses fermentasi.

Proses pembuatan Peuyeum Bandung :

  1. Langkah awal singkong di kukus hingga matang dan empuk.
  2. Kemudian permukaan singkong dilumuri oleh ragi, simpan satu malam dalam wadah yang kedap udara.
  3. Singkong yang telah mengeluarkan ragi diikat menggunakan tali. Simpan kembali dalam posisi tergantung. Pergunakan suhu ruangan selama dua malam.
  4. Setelah itu Peuyeum Bandung siap untuk di cip Icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg singkong.
  • Ragi beras atau ragi peuyeum secukupnya.


Cukup cepat dan ringkas bukan tentang membuat Peuyeum Bandung ini, mempunyai rasa yang enak dan nikmat. Peyeum bisa diolah menjadi peuyeum goreng, bisa ditambahkan dengan tepung terigu ataupun tidak juga tidak jadi masalah karena rasa tidak akan keliru. Peuyeum juga merupakan cemilan bagi masyarakat Bandung di sela-sela waktu atau waktu bersantai, sehingga ke dahsatan rasa pasti tercicipi habis. Salam Penulis ... rasa manis peuyeum merupakan rasa alami tanpa rekayasa, jadilah orang yang mudah dibentuk dengan petuah yang baik menyertainya dalam hidup.

Peuyeum Gantung
Silahkan rekan baca kembali artikel lain untuk menambah kuliner dari citra rasa yang berbeda dan nikmat. Peuyeum Bandung bila dijadikan oleh-oleh sekarang ini banyak yang di letakkan dengan posisi digantung, biasanya bila dipegang sedikit agak keras bila dibawa  jadi terasa mudah dan disimpan dalam tempat khusus, Rasanya pun manis sehingga tidak kalah dengan rasa gula yang terbuat dari tebu. Jangan heran bila peuyeum ini terlihat belepotan warna putih seperti bedak tetapi dijamin aman dan sehat. Itu merupakan proses fermentasi dari ragi selama dua hari disimpan dalam suhu ruang kedap udara.
0 Komentar untuk "Peuyeum Bandung Kota Kembang"

Back To Top