Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Membuat Combro Khas Bandung


Combro Bandung
Combro Khas Bandung -  Combro ini merupakan makanan cemilan favorite saya loh, dengan rasa yang dimiliki asin, gurih serta pedas. Kalo masalah pedas dan tidaknya tergantung dari selera kita, masalah itu bisa dikondisikan sohib. Combro bagi orang Jawa Barat tidak aneh lagi, karena merupakan makanan khas yang bisa dikatakan ada setiap waktu. Combro yang terbuat dari parutan singkong kemudian dibentuk bulat dan isian dari combro ditambah oncom yang telah di kemas dalam racikan bumbu yang spesial terakhir baru di goreng. Combro merupakan dari singkatan nama bekennya yang berarti Oncom di jero kalo kata orang Sunda bilang mah, ( Kalau bahasa Indonesianya Oncom yang ada didalam ). Makanan combro ini paling enak di santap selagi masih hangat, paduan rasa bisa membuat mulut kita menjadi menganga atau terbuka karena rasa panas serta pedasnya he he he ... sori just kidding itu mah.

Rekan semua apakah combro tersedia di daerah atau negara kalian ga ?. Bila ingin mencicipi silahkan datang ke bandung, rasakan langsung nikmatnya combro yang langsung disajikan oleh para pembuatan makanan cemilan gorengan ini. Bisa langsung dinikmati pada penjual kaki lima, toko makanan, dan masih banyak tempat lainnya.

Proses Pembuatan Combro Khas Bandung :

  1. Singkong yang telah ada dikupas, lalu dicuci bersih.
  2. Setelah bersih singkong tersebut di parut, kemudian diperas airnya. Sisihkan ampas singkong dan air perasannya dibuang. Kemudian Kelapa tua yang telah diparut lalu dicampurkan terus diuleni hingga merata.
  3. Kemudian masukkan tepung kanji atau sagu, daun bawang yang diiris serta tambahkan garam secukupnya. Lalu aduk kembali adonan tersebut hingga rata, tiriskan lalu buang airnya kembali.
  4. Untuk isian combronya, bawang merah, bawang putih dan cabai merah dihaluskan. kemudian ditumis hingga tercium aroma khas bumbunya. Tambahkan merica, garam, oncom, gula pasir serta daun bawang. Lalu tumis kembali hingga benar-benar tercampur. Setelah matang lalu angkat dan sisihkan.
  5. Untuk membentuk Combro itu sendiri tidak memerlukan teknik khusus, tinggal ambil sedikit adonan singkong yang telah di buat secukupnya atau sekepat tangan. lalu dipipihkan, tambahkan bahan isian untuk combro yang telah disisihkan tersebut. Tutup isian hingga benar-benar tersembunyi lalu bentuk adonan menjadi lonjong atau oval.
  6. Setelah membuat bentuk adonan combro yang lonjong dan unik itu, Sekarang proses terakhir goreng adonan ke dalam penggorengan yang telah dimasukkan minyak goreng. Goreng adonan Combro hingga berubah warna kecoklatan.
  7. Sajian makanan Combro ini siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg singkong, diparut.
  • 2 sendok makan tepung kanji atau sagu.
  • 100 gr kelapa tua, diparut.
  • 1 btg daun bawang, diiris.
  • Garam serta minyak goreng secukupnya.


Bumbu-bumbu yang diperlukan :

  • 250 gr oncom, ditumbuk.
  • 2 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 4 buah cabe merah.
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 1 batang daun bawang, dirajang.
  • Gula pasir serta garam secukupnya.


Selamat menikmati Combro Khas Bandung ini, rasa pedas itulah kekhasan dari combro ini bila tidak ingin pedas bukan combro namanya. Untuk kuliner hidangan sore ini cukup disini dulu yang rekan semua nanti dilanjut kembali di lain waktu dan jam yang sama. Silahkan nikmati menu lainnya di sini, Salam Penulis .... Combro pedas combro nikmat bikin kita ketagihan.


0 Komentar untuk "Membuat Combro Khas Bandung"

Back To Top