Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Pisang Molen Khas Bandung

Pisang Molen Keju
Pisang Molen - Makanan ringan berupa lembaran adonan yang membungkus pisang didalamnya dengan tehnik dililit setelah terbentuk baru digoreng. Dengan tampilan yang unik proses memasak tidak jauh dengan masak pisang goreng yang dilumuri dengan adonan. Nah untuk bahan dasarnya menggunakan tepung terigu protein tinggi, baking powder, gula halus, margarine, telur ayam, minyak goreng dan jangan ketinggalan bahan utama adalah pisangnya. Untuk penjualannya biasanya disatukan dengan makanan gorengan lainnya seperti gorengan combro, lumpia, bakwan, tempe atau tahu. Dan ada pula yang disatukan dengan gorengan odading, cakue, kue tambang dan masih banyak campuran lainnya.

Bila rekan ingin mencoba membuatnya dirumah nanti kita beritahukan cara prose pembuatannya dibawah ini. Pisang Molen merupakan makanan cemilan yang banyak dijumpai, dipenjual gerobak keliling yang mangkal di tempat-tempat tertentu yang ramai dengan konsumen kuliner, salah satunya di dekat pertokoan atau pasar. Terutama untuk di daerah Bandung pasti banyak yang menjajakan Pisang Molen ini mulai dari ukuran besar sampai molen ukuran mini.

Untuk isian molen saat ini banyak variasi yang banyak ditawarkan mulai molen isi kacang hijau, molen isi coklat, molen pisang keju dan masih banyak lagi rasa lainnya.

Proses pembuatan Pisang Molen Rasa Keju :

  1. Pisang di kukus terlebih dahulu hingga matang. Angkat kemudian dingin sebentar lalu potong menjadi beberapa bagian
  2. Potong keju ceddar disesuaikan dengan potongan pisang / potong menurut keinginan sesuai selera juga boleh.
  3. Kemudian membuat untuk adonan pelapisnya, bahannya tepung terigu, gula, garam. telur, margarine dicampur lalu diaduk sampai rata. Tak lupa tambahkan sedikit air pada adonan, kemudian diamkan adonan kurang lebih 15 menit dan masukan adonan pada lemari es.
  4. Lalu keluarkan adonan dalam lemari es kemudian gilas berbentuk persegi dengan ketebalan 1/2 cm serta ukuran 8*8 cm. 
  5. Setelah itu adonan yang telah digilas melapisi isian dari pisang serta keju lalu lipat dan rapihkan.
  6. Margarine yang ada untuk mengolesi loyang lalu susun adonan yang telah dibentuk tadi. Jangan ketinggalan untuk mengolesi permukaan adonan dengan kuning telur yang telah dikocok. Setelah selesai baru masukkan kedalam oven hingga matang.
  7. Bila sudah matang Pisang Molen Keju siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 400 gr tepug terigu protein tinggi.
  • 1 butir telur.
  • 15 gr gula pasir.
  • 150 ml air dingin.
  • 10 gr garam.
  • 15 gr margarine.
  • 2 butir kuning telur, dikocok dan digunakan untuk olesan dipermukaan molen.


Isi Molen, bahan-bahannya :

  • 45 gr keju ceddar.
  • 3 bh pisang.


Gerobak Pisang Molen
Tak terasa proses pembuatan Pisang Molen Rasa Keju telah dipaparkan diatas, semoga rasa kenikmatannya menempel di lidah rekan semua. Tak lupa bila melihat proses molen di penjual gorengan, mereka menyiapkan alat gilas kemudian adonan yang telah dibentuk, setelah digilas kemudian isi pisang diselimuti dan dirapihkan terakhir baru digoreng hingga matang. Beres deh moleh ektra cepat dengan isi pisang ... Salam penulis ...  mohon maaf bila dalam penulisan banyak kata atau kalimat yang kurang berkenan. Bila rekan perlu tambahan resep bisa didapat dalam tulisan resep disini.
0 Komentar untuk "Pisang Molen Khas Bandung"

Back To Top