Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Ketupat Lebaran Praktis dan nikmat

Ketupat dibulan Ramadhan biasa dibuat untuk merayakan hari kemenangan selama berpuasa sebulan penuh, Ketupat yang dipergunakan berbahan janur biasa mudah didapat karena banyak diperjual belikan mendekati hari raya.

Isian ketupat hampir sama dengan lontong dengan bahan dasar dari beras. Ketupat biasa disajikan dengan Opor ayam atau kentang bumbu merah, sehingga rasa yang timbulkan menjadi menyatu dan nikmat disaat menyantapnya.
Selamat mencoba ya ...

Cara pembuatannya :

  1. Setelah 3 jam beras direndam, lalu ditiriskan untuk mengurangi kadar air selama perendaman.
  2. Ambil 20 bungkus ketupat, isi dengan beras yang telah ditiriskan satu persatu kedalam ketupat. Satu buah ketupat diisi beras sampai sepertiga bentuk ketupat.
  3. Siapkan dandang kemudian isi dengan air dan didihkan.
  4. Tak lupa masukan 20 bungkus ketupat yang telah jadi kedalam dandang, masak empat sampai lima jam waktu yang dibutuhkan.
  5. Setelah matang angkat ketupat kemudian siram dengan air dingin. Lalu gantungkan ketupat pada tempat yang terkena angin, untuk mengurangi kadar air sehingga ketupat tidak cepat basi.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Pilih beras yang bagus dan wangi, ambil beras 2 liter kemudian cuci bersih. Siapkan wadah kemudian rendam kurang lebih 3 jam, taburkan garam secukupnya. Setelah 3 jam lalu tiriskan.
  • Garam secukupnya ( diaduk hingga rata disaat perendaman beras )
  • Siapkan 20 bungkus ketupat.


Tag : Ramadhan
0 Komentar untuk "Cara membuat Ketupat Lebaran Praktis dan nikmat"

Back To Top