Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Kue Serabi Pandan Ijo

Cara membuat Kue Serabi Pandan - Kue Serabi merupakan cemilan kue yang terdapat dipasar-pasar tradisional di Indonesia. Kue ini biasa dijumpai dipagi hari cocok untuk dibuat sarapan, sesekali bisa dicoba bila anda merasa bosan dengan apa yang biasa dimakan dipagi hari. Di Bandung tidak hanya bisa dijumpai dipagi hari disore hari pun anda bisa menikmatinya juga, dengan rasa yang bervariasi, dan  berbagai topping yang memberikan pilihan lebih. Seperti dengan rasa coklat, rasa stoberry dan masih banyak lainnya, tempatnya diarea menuju ledeng. 

Kue serabi yang biasa dijumpai biasanya di masak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu sehingga menimbulkan rasa yang khas. Terdapat dua jenis kue serabi klasik sebelum mengalami perkembangan jaman seperti kue serabi manis yang menggunakan kinca serta serabi asin yang menggunakan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Tapi biasanya kalau untuk sarapan dipagi hari serabi paling enak menggunakan topping dengan menggunakan telur ayam yang telah dikocok keatas serabi yang sedang dimasak, karena selain berprotein tinggi yang berasal dari telur sarapan pagi menjadi lebih mantap dan kenyang bila dimakan. 

Nah untuk saat ini asumsi orang-orang mengenai serabi bahwa ada hanya untuk kaum rendahan itu salah, sesuai dengan perkembangan serabi terus berinovasi dengan berbagai macam topping yang diberikan seperti mayones, keju, sosis ataupun yang lainnya. Kue serabi kadang kala di sebut kue surabi bila anda mendengarnya di Bandung. Untuk lebih lengkapnya Cara Membuat Kue Serabi Pandan Ijo bisa disimak dalam paparan dibawah ini.

Cara pembuatan Kue Serabi Pandan Ijo : 

  1. Siapkan tempat untuk mengaduk bahan, masukkan bahan tepung beras, santan, ragi, garam, gula pasir, pasta pandan dan margarine lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian simpan selama 15 menit dalam suhu ruangan hingga berbuih.
  2. Panaskan perapian dengan menggunakan tungku atau dengan api sedang dirumah. Gunakan wajan cetakan serabi yang sudah diolesi margarine atau cetakan yang menggunakan tanah lempung yang sudah dibentuk. kemudian masukkan adonan, tunggu hingga masak.
  3. setelah matang baru diangkat, lalu simpan di tempat yang telah disediakan plus saus gula yang telah dibuat.


Cara membuat saus gula merah :

  1. Panaskan / Jerang air, masukkan gula merah, garam dan daun pandan aduk sesaat tunggu hingga gula larut. Tuangkan santan, aduk hingga cairan menjadi agak kental.
  2. Setelah agak mengental,  Angkat.


Bahan-bahan yang dibutuhkan : 

  • 325 gram tepung beras.
  • Santan 450 ml dari 1/2 kelapa yang diparut.
  • 1 bungkus ragi instan.
  • Garam secukupnya.
  • Pasta pandan 2 tetes.
  • Margarine untuk di oles.
  • Gula pasir 1 sendok teh.


Saus manis dari gula merah : 

  • Simpulkan 2 lembar daun pandan.
  • Air 100 ml.
  • Garam secukupnya.
  • Santan 250 ml ( 1/4 kelapa diparut ).
  • Gula merah 200 gram ( diserut halus ).


Cara membuat Kue Serabi Pandan ijo pantas untuk dijadikan menu sarapan pagi anda. Di Hari Lebaran pun sebelum pergi untuk melaksanakan Shalat Idul Fitri, biar tidak keroncong bisa dijadikan menu pembuka untuk sarapan. Untuk kue-kue ataupun yang lainnya bisa anda buka dan baca seperti membuat kue bolu, martabak manis, puding. Salam hangat ya.... selamat menikmati.
Tag : Ramadhan
0 Komentar untuk "Cara membuat Kue Serabi Pandan Ijo"

Back To Top