Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Kue Kering Kacang Bulat

Cara membuat Kue Kering Kacang Bulat - Kue Kacang biasa hadir bila hari raya Lebaran tiba, karena mempunyai rasa yang enak di lidah, bentuknya pun bervariasi ada yang bulat, seperti bulat sabit, bisa dalam bentuk yang lainnya sesuai selera pembuat.

Dengan rasa kacang yang dominan dan krekes serta empuk dimakannya, membuat ketagihan untuk menambahnya. Kandungan yang terdapat dalam kacang tanah baik juga untuk tubuh kita, kandungan protein lebih tinggi dari kita memakan daging, telur dan kacang soya. Kacang tanah mempunyai rasa manis sehingga banyak dipergunakan dalam pengolahan bahan baku untuk pembuatan kue.

Untuk lebih jelasnya Cara membuat Kue Kering Kacang Bulat bisa dilihat dalam paparan dibawah ini. 

Cara pembuatan Kue Kering Kacang Bulat :

  1. Setelah kacang disangrai lalu blender atau ditumbuk hingga halus ( lebih enak bila ada gigitan krekesnya ).
  2. Kemudian siapkan baskom untuk tempat adonan, masukkan kacang yang telah dihaluskan lalu tepung, gula tepung, garam secukupnya serta tambahkan minyak goreng. Aduk-aduk adonan hingga kalis tercampur rata.
  3. Hasil adonan ditutup dengan plastik diatasnya kurang lebih satu jam, Supaya adonan lebih menyatu.
  4. Setelah itu Adonan kita olah dan bentuk sesuai selera, sekarang kita bentuk menjadi kue kacang bulat.
  5. Siapkan loyang pemanggang, taruh bulatan adonan kue kacang dan ditata rapih diatasnya. Bentuk bulatan-bulatan sampai adonan tidak tersisa.
  6. Tak lupa olesi permukaan kue dengan margarine cair dan campuran kuning telur secukupnya, untuk semua cetakan kue kacang.
  7. Siapkan oven, lalu masukkan kue kacang panggang sampai matang.
  8. Setelah matang kemudian angkat, lalu dinginkan sesaat. Masukan dalam toples atau tempat yang ada.
  9. Tak terasa Cara pembuatan Kue Kacang Bulat sudah selesai, kue siap untuk dicip icip.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram kacang tanah ( dicuci bersih lalu disangrai ).
  • 4 butir kuning telur ( dipisah dengan putih telurnya ).
  • 400 gram gula tepung.
  • 800 gram tepung.
  • Margarine dicairkan ( untuk polesan dipermukaan ).
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Garam secukupnya.


Bagaimana Cara pembuatan Kue Kering Kacang Bulat mudah bukan !, bentuk Hati bisa juga diterapkan untuk menambah kesan romantis didalamnya. Jangan lupa kunjungi menu yang lainnya ya... seperti Kue semprit, Puding, Masakan yang lezat lainnya.

Sisipan informasi baik tentang kacang tanah dibawah ini :

( Sumber : Wikipedia ), Kacang tanah mengandung bahan yang dapat membina ketahan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Jadi memakan segenggam kacang tanah setiap hari membantu untuk penyakit kencing manis.

Manfaat lain membantu meningkatkan kesuburan, kacang mengandung asam folat, wanita yang memiliki asupan harian 400 mikrogram asam folat sebelum dan selama awal kehamilan mengurangi resiko memiliki bayi lahir dengan cacat tabung saraf yang serius hingga 70% dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Tag : Ramadhan
0 Komentar untuk "Cara membuat Kue Kering Kacang Bulat"

Back To Top