Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Kolak Candil Ubi Praktis

Bulan puasa adalah bulan penuh berkah diantara bulan yang lainnya disebabkan banyak pahala yang belipat didalamnya. Isilah dengan menambah keimanan kita dengan cara mendekatkan diri kepada sang pencipta, perbanyaklah tadarus dan ibadah lainnya. 

Seperti menyiapkan menu buka puasa merupakan salah satu ibadah bila kita membuatnya dengan penuh rasa ikhlas. Diwaktu sore menjelang berbuka tidak ada salahnya bila kita membuat takjil yang praktis. 

Banyak menu untuk berbuka seperti soup buah, kolak pisang, asinan, juice, es dawet, puding dan masih banyak lagi.


Disini saya coba menu cara membuat kolak candil ubi yang bisa dijadikan salah satu pilihan. Dengan rasa manis yang menggoda di lidah tak luput dari kenikmatan kita disaat melaksanakan ibadah puasa. Kolak candil yang terbuat dari ubi baik berwarna ungu, kuning bisa dijadikan bahan utama kita. Dengan sajian yang praktis dan sederhana, yang mengandung karbohidrat disaat kita berpuasa seharian penuh, sehingga baik untuk disantap demi sistem pencernaan dalam tubuh. 


Cara pembuatannya : 

  1. Siapkan air lalu rebus ubi hingga matang, setelah itu kupas kulitnya.
  2. Uleni ubi hingga lembut campurkan dengan tepung tapioka kemudian uleni hingga rata dan tambahkan garam secukupnya.
  3. Kemudian adonan dibuat bulatan kecil seperti membuat bulatan bakso, tetapi untuk candil bulatan jangan terlalu besar-besar. Buat bualatan sampai adonan habis kemudian sisihkan pada tempat terpisah.
  4. Kita lanjut untuk pembuatan kuahnya, Siapkan air setelah terasa hangat masukkan gula merah dan 4 lembar daun pandan sampai mendidih sampai gula larut dengan air, cicipi rasa manisnya sudah cukup atau belum bila belum tambahkan gula merah sesuai selera.
  5. Barulah masukkan bulatan candil lalu masak hingga terlihat mengambang.
  6. Setelah matang barulah kita siapkan diatas mangkuk, dan tak lupa tambahkan santan siap saji, bila tidak suka santan bisa ditambahkan pelengkap lainnya bisa buah nangka misalnya.
  7. Makanan takjil buka puasa telah siap untuk dicip icip. Selamat berbuka puasa semoga puasa kita diterima oleh Allah S.W.T, amien.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg ubi merah / kuning kulitnya.
  • Garam secukupnya.
  • 125 gram tepung tapioka.


Bahan untuk kuahnya :

  • Santan siap saji.
  • Daun pandan 4 lembar.
  • Garam secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Gula merah secukupnya.
Tag : Ramadhan
0 Komentar untuk "Cara membuat Kolak Candil Ubi Praktis"

Back To Top