Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Sambel Terasi Mantap menyegarkan

Cara membuat sambel terasi tidak harus selalu sama, bagaimana cara kita mengolahnya sehingga menghasilkan beraneka ragam jenisnya. Walaupun bahan utamanya terasi, terasi ada yang terbuat dari ikan atau udang rebon ataupun campuran keduanya, kemudian diolah melalui proses fermentasi. 

Terasi biasa juga disebut belacan, biasanya warna agak cokelat kehitaman ataupun ada yang ditambah campuran warna biar terlihat agak menarik. Terasi mempunyai bau yang khas sehingga sebagian orang ada menyenangi ada pula yang kurang menggermarinya. Maka dari itu dari kejauhan sudah tercium bau yang sudah mempunyai ciri khas tersendiri.

Proses membuat sambel kali ini biasa orang-orang dari jawa barat lakukan, bisa membuat tambahan menu untuk anda semuanya.

Cara pembuatannya :

  1. Cabai rawit serta cabai merah diulek/dihaluskan tapi jangan terlalu lembut seperti diblender.
  2. Kemudian tambahkan garam dan gula jawa, lalu diulek kembali.
  3. Terasi dimasukkan lalu diulek kembali, semua bahan diulek sampai tercampur rata.


Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 sendok teh terasi.
  • 7 buah cabai merah besar ( sesuai selera ).
  • 4 buah cabai rawit pedas ( secukupnya ).
  • Garam secukupnya.
  • Gula jawa secukupnya.


Hasil yang telah jadi melalui proses pembuatan yang tidak terlalu rumit bukan, sehingga bisa dicoba dengan cepat dengan rasa yang mantap. Sempatkan waktu untuk melakukannya dirumah sendiri jangan buang-buang waktu bila anda menginginkan sesuatu kreasi yang baru. Soal rasa tak kalah enak dengan sambel hijau ataupun sambel yang lainnya. Selamat menikmati ya...

Tag : Sambel
0 Komentar untuk "Cara membuat Sambel Terasi Mantap menyegarkan"

Back To Top