Selamat Datang diCip Icip... MAKANAN SEHAT... Semoga ada guna dan manfaatnya...

Cara membuat Kue Jahe Hangat

Cara membuat Kue Jahe - mengapa kue ini disebut kue jahe, karena bahan utama didalamnya menggunakan jahe. Jahe untuk sebagian orang digunakan untuk penghangat tubuh. Pada cuaca yang sedang hujan sangat cocok bila mengkonsumsinya. sehingga jahe sering dibuat menjadi wedang untuk menghangatkan tubuh.

Kandungan jahe sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengandung senyawa Phenol yang terbukti memiliki efek anti radang dan diketahui ampuh mengusir penyakit sendi juga ketegangan yang dialami otot. Selain itu rimpang jahe juga mengandung zingilberene dan shogol yang akan berfungsi sebagai anti-oksidan dan juga efektif melawan penyakit kanker ataupun jantung.

Untuk yang tidak biasa mengkonsumsi secara langsung, bagaimana bila dibuat kue yang mempunyai manfaat yang tidak jauh berbeda dengan jahenya langsung. Tidak ada salahnya bila disajikan di Hari Raya Lebaran yang sebentar lagi tiba. Cara membuat Kue jahe akan dipaparkan seperti dibawah ini.

Cara pembuatan Kue Jahe Hangat :

  1. Ambil loyang kue lalu alasi dengan baking paper. lalu sisihkan. Panaskan oven hingga suhu 160 derajat celcius.
  2. Siapkan tempat pengocokan, masukkan mentega, brown sugar dan vanilla aduk dengan blender berkecepatan sedang hingga lembut.
  3. Siapkan spatula untuk mengaduk, tambahkan telur dan madu lalu aduk hingga rata. Masukkan jahe, soda kue dan tepung aduk kembali hingga tercampur rata.
  4. Setelah selesai menjadi adonan, ambil kurang lebih 1 sendok teh adonan, bentuk sesuai selera bisa bulat atau bentuk lainnya, gulingkan ke dalam gula. 
  5. Adonan yang telah jadi simpan diloyang kue. bentuk kue hingga adonan tidak tersisa.
  6. Masukkan loyang kue kedalam oven hingga matang membutuhkan waktu 15 menit.
  7. Setelah matang angkat kemudian simpan ditempat yang telah disediakan, lalu dinginkan. 
  8. Simpan dalam toples, Kue Jahe Hangat siap untuk dicip icip deh...


Bahan - bahan yang dibutuhkan :

  • 1 sendok makan jahe bubuk ( diayak ).
  • 1 butir telur ayam.
  • 100 gram mentega tawar.
  • 1/2 batang vanilla ( diambil bijinya ).
  • 175 gram brown sugar.
  • 100 gram gula pasir.
  • 1 sendok makan madu.
  • 200 gram tepung terigu ( diayak ).
  • 1/2 sendok teh baking powder.
  • 1/4 sendok teh soda kue ( diayak ).

Cara membuat Kue Jahe Hangat sangat nikmat bila disajikan untuk keluarga tercinta dan tamu yang datang berkunjung kerumah kita. Jangan lupa baca menu yang lainnya ya, seperti cara membuat kue garpu, es dawet, kue sus kentang atau yang lainnya. Semoga ada guna dan manfaatnya.

Tag : Ramadhan
0 Komentar untuk "Cara membuat Kue Jahe Hangat"

Back To Top